Cara mencegah anak yang ketagihan bermain game

video_game_online

Anak-anak remaja merupakan orang sangat rentan terpengaruh dengan game online sebab sebagian besar perusahaan game online memproduksi game yang membuat anak remaja tertarik dengan permainan game online.

Terlalu sering bermain game online bisa mengakibatkan mereka ketagihan, ketagihan game online sama juga seperti orang yang sudah ketagihan dengan obat terlarang sulit untuk diobati. Bermain ame online secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan jiwa akut.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah anak-anak remaja yang ketagihan bermain game online. 

Ketahuilah kapan dan dimana tempat mereka bermain game online kemudian batasi waktu bermain mereka.

Kamu harus memantau berapa banyak waktu yang sudah mereka habiskan untuk bermain game online. Kemudian kamu harus atur waktu bermain dengan ketat, lalu tentukan kapan mereka di izinkan atau tidak diizinkan untuk bermain game online. Jangan biarkan gadget berada di kamar tidur mereka. 

$ads={1}Simpan gadget mereka pada tempat yang mudah untuk dikontrol dengan seperti itu kamu akan tau berapa lama waktu yang sudah mereka habiskan untuk bermain game online dan apa jenis game online yang sedang mereka mainkan. Kamu juga dapat memperkuat program yang dapat menonaktifkan game online saat waktu yang telah kamu tetapkan. 

Berikan mereka konsekuensi ketat 

Harus ada konsekuensi jika anak melebihi waktu yang disepakati untuk bermain game. Jika kamu tidak menjaga konsekuensi yang konsisten, anak remaja cenderung mengabaikan instruksi kamu.

Konsekuensinya harus dalam batas permainan. Mereka harus berkisar dari meng uninstal pemasangan game dari gadget mereka atau melarang mereka untuk memegang gadget.

Buatlah mereka sadar akan efek buruk yang di akibat oleh game online

Para remaja harus tau apa dampak negatif  bermain game online tanpa kontrol. Mereka juga harus di ajarkan konsekuensi dari ketagihan bermain game online yaitu berakibat terjadinya gangguan jiwa.

Remaja yang sudah ketagihan game online juga dapat direhabilitasi dan bisa normal kembali, caranya ialah dengan mendaftarkan mereka pada kegiatan lain yang dapat memberikan stimulasi jiwa di kehidupan nyata. Kegiatannya seperti scatting, belajar alat musik, atau menari.

Kesimpulan yang dapat kita ambil. 

Semua orang tua harus mengetahui apa komplikasi medis yang disebabkan oleh ketagihan game. Tidak seperti gangguan lainnya, gangguan permainan tidak mempunyai pengobatan khusus. Meskipun ketagihan dapat mempengaruhi sebagian kecil remaja yang terlalu bergantung pada game, ketagihan dapat menyebabkan masalah serius jangka panjang. Maka harus dicegah dari semenjak usia dini.$ads={2}

Post a Comment

Previous Post Next Post