Manfaat tanaman jarak untuk kesehatan dan energi alternatif

tanaman-jarak-sumber-energi-alternaitif

Seulanga berbagi informasi, Manfaat tanaman jarak. 

Tanaman jarak merupakan tipe tanaman yang bisa mencapai ketinggian 10m dengan banyak cabang. Tanaman ini mampu berkembang biak di berbagai tempat, seperti daerah dataran rendah atau daerah dataran tinggi.

$ads={1}Tanaman jarak juga bisa ditanam di tanah berpasir, bebatuan, hingga tanah liat. Oleh sebab itu, tanaman jarak dapat dibudidayakan di lahan kritis. Untuk menanamnya tidak memerlukan perawatan spesial.

Sebagian besar masyarakat mengira tanaman jarak sebagai tanaman liar/semak yang tidak mempunyai mamfaat apapun. Padahal tanaman jarak mempunyai banyak sekali mamfaatnya, baik untuk kesehatan dan energi alternatif.

Mamfaat tanaman jarak untuk kesehatan

Sebelum diketahui sebagai alternatif sumber energi, tanaman jarak dikenal dengan berbagai macam mamfaat untuk kesehatan. Biasanya masyarakat menggunakan daun jarak dengan mengambil getahnya untuk digunakan sebagai obat tradisional. 

Berikut mamfaat tanaman jarak untuk kesehatan :

  1. Antibakteri
  2. Antiinflamasi
  3. Meredakan bengkak
  4. Obat gigi berlubang
  5. Meredakan gatal- gatal

Mamfaat tanaman jarak sebagai sumber energi alternatif

Riset tanaman jarak sudah mulai sejak tahun 1991. mamfaat yang sedang hangat diperbincangkan merupakan kemampuannya yang bisa dijadikan sumber energi alternatif atau biofuel. Dengan memeras bijinya, sehingga dapat diperoleh minyak jarak sebagai alternatif untuk bahan bakar.

Kadar minyak yang terkandung dalam biji jarak berkisar 25 sampai 35 persen dari berat biji jarak kering. Sebagian ahli membuat hipotesis kalau minyak jarak dapat dijadikan sebagai pengganti minyak bumi atau bahan bakar fosil. 

$ads={2}Apalagi, di sebagian wilayah, minyak ini sudah digunakan sebagai pengganti minyak tanah untuk aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, proses budidaya serta pengolahan yang gampang serta ramah lingkungan membuat minyak ini sangat menjanjikan.

Minyak jarak lebih ramah lingkungan jika dibanding dengan tenaga fosil sebab emisi karbon yang rendah. Sehingga, pemakaian minyak ini dapat mengurangi polusi udara. 

Post a Comment

Previous Post Next Post